1. Artikel
Tentang E-Business dan E-COMMERCE
E-business adalah E-business (Inggris:
Electronic Business, atau “E-business”) dapat diterjemahkan sebagai
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan
menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan
oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan
dengan menggunakan teknologi Internet. E-business
memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data
internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk
berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi
permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Dalam
penggunaan sehari-hari, E-business
tidak hanya menyangkut E-commerce
saja. Dalam hal ini, E-commerce
lebih merupakan sub bagian dari E-business,
sementara E-business meliputi segala
macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk
pemasaran Internet. Sebagai bagian dari E-business,
e-commerce lebih berfokus pada
kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem
manajemen pengetahuan, E-commerce
mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
E–Business (Electronic Business) merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan,
investor, kreditor pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan
teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya. materi ini akan
memberikan pemahaman dasar kepada para akuntan dan professional sistem mengenai
peluang dan resiko. Dengan menguasai ini, para akuntan dan professional sistem
akan lebih siap untuk secara aktif berpartisipasi dalam perencanaan, desain dan
pengolahan langkah – langkah awal E-business organisasi. Berdasarkan beberapa definisi E-business yang dikemukakan di atas,
kita dapat menggabungkannya ke dalam suatu definisi e-business yang utuh dengan
melihat kesamaan dari setiap definisi tersebut dan menggabungkannya. Kesamaan
tersebut dapat kita lihat dari beberapa sudut pandang, yaitu pelaku E-business, alat atau media atau sumber
daya yang digunakan, objek atau kegiatan yang menjadi sasaran, tujuannya, dan
keuntungan yang diberikan. Hasilnya sebagai berikut:
·
Pelaku E-Business
Ø Organisasi
Ø Konsumen
Ø Perusahaan
Ø Suplier
Ø Pekerja
Ø Rekan Bisnis
·
Alat/Media/S umber Daya yang Digunakan
Ø Teknologi informasi dan komunikasi
Ø Komputer, data yang telah terkomputerisasi
Ø internet
- Kegiatan Sasaran
Ø Kegiatan bisnis
Ø Proses bisnis utama
Ø Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
Ø Operasi bisnis utama
- Tujuan
Ø Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
Ø Transformasi proses bisnis
Ø Sharing informasi
Contoh
E-Business Tiket Pesawat :
Melalui airasia.com, maka customer hanya perlu
mengakses situs tersebut untuk melakukan reservasi tiket pesawat, bahkan lebih
jauh lagi mereka dapat melakukan reservasi hotel dan berbagai paket menarik
yang ditawarkan oleh Air Asia. Menurut saya, E-business terbaik di Indonesia saat ini adalah E-business yang dimiliki oleh
perusahhan penerbangan Indonesia Air Asia, yaitu www.airasia.com. Alasan saya memilih Air Asia adalah karena keunggulan sistem E-business yang dimilikinya, yaitu:
1) Dengan sistem E-business, Air
Asia dapat melakukan efisiensi biaya seperti komisi untuk travel agent.
2) Dengan E-business, Air Asia
tidak perlu membuat sistem Human Resource sebanyak pada perusahaan penerbangan
lainnya.
3) E-business yang diterapkan
Air Asia termasuk dalam Business to Consumer dimana aplikasi ini
ditujukan agar konsumer dapat langsung berhubungan dengan pihak perusahaan
tanpa harus melalui perantara seperti sistem reservasi konvensional.
4) Penerapan E-business pada Air
Asia memberikan keuntungan baik untuk pihak perusahaan maupun bagi pihak
customer.
5) Sistem yang digunakan sebagai Point of Sales disebut dengan Global
Distribution System (GDS) dimana GDS ini memiliki interface yang berupa
Graphical User Intrface (GUI) yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Saat
pelanggan berinteraksi dengan sistem melalui GUI, maka sistem tersebut secara
real-time akan melakukan proses-proses back office diantaranya melakukan
validasi, otorisasi, dan konfirmasi yang akhirnya akan memberikan pelanggan
suatu bukti penjualan tiket dan bukti tersebutlah yang digunakan sebagai tiket
pesawat.
http://andrashootter007.wordpress.com/2012/10/14/laporan-e-bisnis/
http://materi kuliah.info/modul-e-bussines-e-comerce.aspx
http://materi kuliah.info/modul-e-bussines-e-comerce.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar